CARA MEMBUAT CHARGER AKI

 Bengkel-bengkel,sepeda motor,maupun mobil, siswa siswa STM Elektro praktikum atau penghobby elektronika biasanya sangat familiar dengan peralatan cas aki (sebutan aslinya accu charger). Cas aki (accu charger) berguna sebagai alat pengisi ulang strom aki motor atau aki mobil disimpan untuk kelengkapan peralatan di rumah. Dengan memiliki cas aki di rumah, anda sedikit lebih tenang jika sewaktu-waktu aki yang ada pada kendaraan anda mengalami habis strom tinggal anda cas sendiri dirumah.

Biasanya cas aki sudah banyak di jual di toko toko elektronik, tapi dengan harga yang sangat mahal tentunya.dengan kita membuat sendiri tentunya kita bisa menghemat dan menambah pengalaman.untuk bahan juga banyak di toko toko elektronik dengan beberapa jenis dan pilihan,untuk charge aki sendiri banyak ukuran ampernya tergantung kebutuhan.
Tapi menurut saya untuk membuat charge aki sendiri saya sarankan untuk memakai trafo yang lebih besar dan yang berkwalitas tentunya biar awet,karena apa kalau trafo besar untuk ngecas nanti bisa cepat dan hasilnya memuaskan.untuk charge aki sendiri menurut saya yang bagus pake trafo ukuran 5 amper. untuk yang ukuran 5 amper kebawah saya kira kurang bagus untuk hasilnya nanti.
Pilih bahan yang kwalitas terbaik,dan usahakan memeilih trafo yang kawat emailnya yang besar jangan terlalu kecil,kalu terlalu kecil nanti kasian si trafo soalnya sangat panas sekali dan kalau trafo gak tahan nanti bisa terbakar.

Membuat charge aki dengan tegangan 12v
 
1. Tranfomator (trafo) minimal 5 -15 amper ct 15v ( trafo semakin besar semakin bagus)2. Dioda untuk dioda saya sarankan pake dioda model xiprox bentuknya kotak 3. Elektrolit kondensator elko ukuran 2200uf 25v4. sekring 5-10 amper + rumah sekringnya5. kaber tunggal dengan warna merah hitam6. jepit aki 1 pasang merah hitam7. box, untuk box bisa juga buat sendiri dari plat/kayu biar hemat. tpi kalau mau hasil model       yang bagus beli juga gak papa8. mur baut secukupnya 
Peralatan yang di butuhkan1.solder2.Timah secukupnya3. Tang potong
Untuk tutorialnya lihat skema/gambar dibawah ini:
RANGKAIAN CAS AKI






















Di rakit seperti di bawah ini:

Maaf ada kesalahan kecil untuk gambar diata untuk secundery travo 15v
Tapi beda lagi cas aki itu tidak menggunakan trafo ct saja pakai yang biasa juga bisaini dia skema/gambarnya:

Skema Cas Aki sederhana

Untuk melihat aki tersebut terisi penuh anda bisa melihat dari vu ampere meter jika sudah mendekati penu biasanya untuk jarumnya akan ke posisi 0.tips merakit cas aki ini saya sarankan untuk memasang instalasi dalamnya usahakan serapi mungkin dan jangan samapai ada yang bersentuhan satu sama yang lain. untuk menghindari konsleting dan kalau sudah jadi mohon taruh yang jauh dari jangkauan anak kecil.
Hindari untuk jangan terlalu lama mengetes arus keluar ces dengan menyentuhkan antara (-) dan (+) cukup singkat saja untuk melihat hasilnya,jika terlalu lama dapat menyebabkan komponen cepet short/lemah.atau juga untuk fusenya putus. 
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment